PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI INSTANT ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • farid gunadi Universitas Wiralodra
Keywords: Instant Assessment Strategy, Students’ Learning Achievement in Mathematics

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Instant Assessment terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gegesik yang terdiri dari empat kelas. Hasil pengolahan tes akhir untuk kelas eksperimen I diperoleh skor rata-rata 17,23 dan untuk kelas eksperimen II diperoleh skor rata-rata 9,19. Untuk kelas eksperimen I diperoleh skor maksimal 25 dan skor minimal 10 dan untuk kelas eksperimen II diperoleh skor maksimal 16 dan skor minimal 2. Standar deviasi kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing 3,43 dan 4,41. Pengujian distribusi data dan varians menunjukkan normal dan homogen sehingga dilanjutkan dengan uji t, dari uji t diperoleh thitung 8,19 dan ttabel 2,00  dengan taraf signifikasi 0,05 dan derajat kebebasan 64. Karena thitung > ttabel  maka hipotesis nol (H0) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Instant Assessment dengan yang menggunakan metode ekspostori. Perbedaan hasil belajar matematika yang terjadi, dikarenakan adanya dua perlakuan yang berbeda, dalam hal ini hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Instant Assessment lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode ekspostori. Dengan adanya perbedaan rata-rata dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi Instant Assessment terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci: Strategi Instant Assessment, Hasil Belajar Matematika

 

ABSTRACT

The purpose of this research are to know there is or nothing the influence of instant assessment strategy using to students’ learning achievement in mathematics. The population in this research is all students of grade VIII SMP Negeri 3 Gegesik who are divided in four classes. From the processing of final test result, the average score of class experiment I is 17.23 and experiment II class’s average 9.19. Maximal score and minimal score in experiment I class are 25 and 10, maximal score and minimal score in experiment II class are 16 and 2. Each standard deviation in experiment I class and experiment II class are 3.43 and 4.41. Testing of data distribution and varians show normal and homogen so continue make t test, from t test have tcount = 8.19 and ttable = 2.00 with significancy level 0.05 and the degree of freedom 64. Because of tobs  ttable so hypotesis nol (H0) is rejected. So can be concluded there is difference between class which use instant assessment strategy and expository method.

 

Keyword:

Published
2017-10-29
How to Cite
Gunadi, F. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI INSTANT ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Gema Wiralodra, 8(2), 157-166. Retrieved from http://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/69