MEDIA BUKU CERITA: EFEKTIFITASNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dicky Surachman Universitas Nahdlatul Ulama
Keywords: Hasil Belajar, Media Buku Cerita

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan media buku cerita dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar. Subyek penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Pekantingan yang berjumlah siswa 30 siswa. Untuk melihat efektifitas media buku cerita menggunakan penelitian menggunakan penelitian eksperimen. Sedangkan uji statistic yang digunakan yakni uji t menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dan peningkatan hasil belajar bahasa indonesia siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini disebabkan karena respon siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media buku cerita menunjukkan kategori yang kuat. Hal ini dapat dilihat pada rekapitulasi hasil angket hampir seluruh siswa memberikan respon positif. Selain itu, hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media buku cerita yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terbukti berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-30
How to Cite
Surachman, D. (2020). MEDIA BUKU CERITA: EFEKTIFITASNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. Gema Wiralodra, 11(2), 180-189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99