Penerapan Growth Melalui Mangold: Apakah dapat Meningkatkan Kemampuan Menyusun Teks Deskriptif Siswa Sekolah Menengah Atas?
Keywords:
GROWTH (group work method), MANGOLD (mind mapping dan google docs), Kemampuan siswa dalam menyusun teks deskriptif, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan siswa dalam menyusun teks deskriptif melalui penggunaan GROWTH (group work method) dengan MANGOLD (mind mapping dan google docs). Desain penelitian yang digunakan yakni desain penelitian tindakan kelas. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa X MIPA 7 dengan jumlah 36 siswa. Selanjutnya instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa panduan pengamatan, rubrik penilaian, penyajian laporan analisis dan mind mapping, serta tes tertulis mengenai teks deskriptif. Data proses berupa lembar observasi yang disertau catatan lapangan dan pengakuan siswa dalam angket. Data hasil berupa hasil belajar siswa. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara umum mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan berhasil mencapai kriteria keberhasilan tindakan (Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran bahasa Inggris yaitu 70). Hasil belajar tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata (mean) pada pertemuan 1 siklus I 45.28, pertemuan 2 siklus I 54.72, pertemuan 1 siklus II 61.39, pertemuan 2 siklus II 61.81, pertemuan 1 siklus III 66.53, dan pertemuan 2 siklus III 82.50. Nilai tertinggi pada pertemuan 1 siklus I hingga pertemuan 2 siklus II adalah 80.00. Nilai tertinggi pada pertemuan 1 silkus III adalah 85.00 dan pertemuan 2 siklus III adalah 95.00 dengan nilai terendah 60.00, median 85.00, modus 92.50, dan simpang baku 9.35. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa GROWTH (group work method) melalui MANGOLD (mind mapping dan google docs) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks deskriptif karena metode ini menekankan pada kerja sama antarsiswa dalam satu kelompok sehingga mereka dapat belajar bersama-sama.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.