Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Konsep Tumbuhan dan Fungsinya Melalui Metode Eksperimen

Authors

  • Rahma Dewi STKIP AL AMIN INDRAMAYU
  • Hanafiah Sy’diyah STKIP Al-Amin Indramayu
  • Sarwa STKIP Al-Amin Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i2.185

Keywords:

Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Konsep Bagian-bagian Tumbuhan dan fungsinya

Abstract

Proses belajar dan mengajar merupakan suatu hal yang penting bagi peserta didik dan guru. Namun beberapa kendala dalam pembelajaran, misalnya adalah kegiatan belajar dan mengajar IPA khususnya materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang masih terpusat pada guru, sehingga peserta didik hanya dituntut untuk memperhatikan dan menyimak guru mengajar dan kurang terlatih dalam kemandirian belajar. Hal tersebut membuat kegiatan pembelajaran cenderung monoton dan membosankan bagi sebagian peserta didik. Oleh sebab itu diperlukan suatu metode baru dalam kegiatan pebelajaran terutama pada pembelajaran  IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, sehingga peserta didik lebih proaktif dan tertarik. Metode pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini yaitu, metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain One Group Pretest Postest. Dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. observasi yang dilakukan sebelum eksperimen (OI) disebut Pretest dan observasi sesudah dilakukannya eksperimen (O2) disebut Posttest. Perbedaan antara (O1) dan (O2) diasumsikan merupakan efek dari treatment atau eksperimenHasil analisis menunjukkan peningkatan hasil belajar. Nilai rata-rata peningkatan siswa yang menggunakan metode eksperimen sebesar 0,6205, sedangkan nilai pembelajarannya secara konvensional sebesar 0,4495. Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar kedua kelas sama-sama berada pada kategori sedang yaitu diantara 0,3 sampai dengan 0,7. Sehingga dapat dikatakan bahwa kelas yang memperoleh pembelajaran dengan metode eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-23

How to Cite

Rahma Dewi, Sy’diyah, H. ., & Sarwa, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Konsep Tumbuhan dan Fungsinya Melalui Metode Eksperimen. Gema Wiralodra, 12(2), 403–413. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i2.185