Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Cerita Inspiratif Dengan Metode Hypnoteaching: Apakah berpengaruh?

Authors

  • Habrianto Muhmar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Munirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhlis Mahdani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i2.194

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks cerita inspiratif, Metode Hypnoteaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Indonesia pada teks cerita inspiratif dengan metode hypnoteaching peserta didik kelas IX SMP di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar denagn menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah 55 sekolah menengah pertama yang berada di Kota Makassar, terdiri dari sekolah negeri dan sekolah swasta.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tiga sekolah mewakili 55 sekolah di Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 57 peserta didik. Dalam pembelajaran tahap awal,  peserta didik menggunakan media google meet. Kemudian pada tahap selanjutnya, peneliti menggunakan google from yang berisi tes untuk peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman  pada teks cerita inspiratif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dengan memanfaatkan analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada teks cerita inspiratif dengan metodehypnoteaching bagi peserta didik kelas IX SMP di Kota Makassar terlaksana dengan baik Pemahaman peserta didik terhadap teks cerita inspiratif dinyatakan memadai karena nilai yang diperoleh peserta didik mencapai nilai yang telah ditetapkan. Adapun penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga dinyatakan berhasil karena dalam Pembelajaran, jumlah peserta didik dinyatakan aktif dan telah memenuhi syarat yaitu peserta didik hadir dan mengikuti langkah-langkah dalam penerapan metode hypnoteaching .Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan metode hipnoteaching pada pembelajaran teks cerita inspiratif dinyatakan memadai

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-23

How to Cite

Muhmar, H., Munirah, M., & Mahdani, M. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Cerita Inspiratif Dengan Metode Hypnoteaching: Apakah berpengaruh?. Gema Wiralodra, 12(2), 344–354. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i2.194