Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Cerita Inspiratif Dengan Metode Hypnoteaching: Apakah berpengaruh?
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i2.194Keywords:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks cerita inspiratif, Metode HypnoteachingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa Indonesia pada teks cerita inspiratif dengan metode hypnoteaching peserta didik kelas IX SMP di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar denagn menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah 55 sekolah menengah pertama yang berada di Kota Makassar, terdiri dari sekolah negeri dan sekolah swasta.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tiga sekolah mewakili 55 sekolah di Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 57 peserta didik. Dalam pembelajaran tahap awal, peserta didik menggunakan media google meet. Kemudian pada tahap selanjutnya, peneliti menggunakan google from yang berisi tes untuk peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman pada teks cerita inspiratif. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dengan memanfaatkan analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia pada teks cerita inspiratif dengan metodehypnoteaching bagi peserta didik kelas IX SMP di Kota Makassar terlaksana dengan baik Pemahaman peserta didik terhadap teks cerita inspiratif dinyatakan memadai karena nilai yang diperoleh peserta didik mencapai nilai yang telah ditetapkan. Adapun penerapan metode hypnoteaching dalam pembelajaran Bahasa Indonesia juga dinyatakan berhasil karena dalam Pembelajaran, jumlah peserta didik dinyatakan aktif dan telah memenuhi syarat yaitu peserta didik hadir dan mengikuti langkah-langkah dalam penerapan metode hypnoteaching .Dengan demikian terbukti bahwa penggunaan metode hipnoteaching pada pembelajaran teks cerita inspiratif dinyatakan memadai
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.