Cara Mahasiswa Mengelola Emosional di Tengah Covid-19: Studi Kasus pada Mahasiswa Calon Guru

  • Nasir Universitas Wiralodra
Keywords: Bentuk Luapan Emosional, Mengelola Emosional, Calon Guru

Abstract

Mahasiswa bagian dari masyarakat yang terkena dampak pandemi perlu diberi informasi pengetahuan tentang ragam bentuk luapan emosional dan cara mengelola emosional di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena ini penelitian ini difokuskan kepada  mahasiswa calon guru di salah satu kampus swasta yang ada di Indramayu yang berada di tengah pandemi COVID-19 yang terus meroket, berkaitan dengan ragam bentuk luapan emosionalnya dan bagaimana mahasiswa mengelola emosional di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian angket kepada 28 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ragam bentuk luapan emosional mahasiswa, antara lain stres, khawatir, cemas, dan takut. Bosan, jenuh dan suntuk karena terlalu lama di rumah dan tidak diperbolehkannya berinteraksi berlebih dengan teman secara bebas, dan merasa terkekang karena terus menerus berada di rumah. Mereka selalu waspada dan khawatir tertular virus COVID-19. Mereka sering merasakan perubahan emosi atau mood yang sering tiba-tiba terjadi, juga terkadang mendapat tekanan (pressure) dari keluarga dan maupun dari teman kuliah. (2) Cara mahasiswa mengelola emosional di tengah pandemi COVID-19, antara lain menjaga dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan, sehingga mood atau suasana hati menjadi cerah. Penelitian ini menegaskan bahwa proses pengembangan kecerdasan emosional di tengah pendemi COVID-19 harus terus dilakukan oleh pendidik calon guru. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memotivasi mereka dan meyakini bahwa pendemi COVID 19 bisa dilewati dengan baik. Selain itu, mereka juga bisa mengurangi emosi negatif dengan tidak berperasangka buruk dan tidak membebani pikiran dengan hal-hal yang tidak penting; berkomunikasi dan meluangkan waktu bersama keluarga, secara tidak langsung keterbukaan yang lakukan mempengaruhi kecerdasan emosional

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-22
How to Cite
Nasir, N. (2021). Cara Mahasiswa Mengelola Emosional di Tengah Covid-19: Studi Kasus pada Mahasiswa Calon Guru. Gema Wiralodra, 12(2), 298-304. Retrieved from https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/199