Self-Regulation dan Self-Motivation: Apakah berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II XYZ School Sunter Jakarta?

  • Marina Matulessy Sekolah Tunas Bangsa
  • Sri Lanawati Rahardja Universitas Pelita Harapan
Keywords: self-regulation, self-motivation, academic achievement

Abstract

Untuk mengukur ketercapaian dalam pembelajaran diperlukan alat ukur. Salah satu alat atau cara untuk mengevaluasi setiap proses pembelajaran adalah dengan melihat Academic Achievement. Academic achievement dapat menunjukan kesiapan siswa dalam proses belajar untuk menempuh proses yang lebih tinggi lagi. Dengan melihat hasil belajar kita dapat menentukan langkah selanjutnya. Pada prakteknya tingkat ketercapaian belajar siswa sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan lebih lanjut dengan mengukur pengaruh self-regulation dan self-motivation terhadap academic achievement, yaitu sebagai bahan referensi dalam membuat penelitian-penelitian lainnya terkait dengan variabel pada penelitian sejenis dan menjadi sumber bacaan yang memberikan pengetahuan lebih luas serta bermanfaat bagi pembaca. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas dua sekolah XYZ, dengan 46 siswa terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan, yang berlokasi di Sunter Jakarta utara. Metode yang dipakai adalah structural equation modeling (SEM) dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa self-regulation berpengaruh positif terhadap academic achievement sebesar 0,069. Self-motivation berpengaruh positif terhadap academic achievement sebesar 0,215 dan self-regulation berpengaruh positif terhadap academic achievement melalui self-motivation sebesar 0,174.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-22
How to Cite
Matulessy, M., & Lanawati Rahardja, S. (2021). Self-Regulation dan Self-Motivation: Apakah berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II XYZ School Sunter Jakarta?. Gema Wiralodra, 12(2), 332-343. Retrieved from https://gemawiralodra.unwir.ac.id/index.php/gemawiralodra/article/view/200