Relevansi Pendidikan Berkebudayaan untuk Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Era Digital

Authors

  • Wiwit Kurniawan Universitas Pamulang
  • Tri Hidayati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.315

Keywords:

Pendidikan, Budaya, Era Digital

Abstract

Salah satu fungsi dari pendidikan adalah membentuk karakter dan kepribadian bangsa. Konsep kepribadian dan nilai-nilai yang tertanam pada masyarakat merupakan suatu hal yang sangat dekat dengan kebudayaan. Oleh karena itu, aktivitas pendidikan merupakan proses internalisasi nilai-nilai kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk menelisik konsep “Pendidikan yang Berkebudayaan” dari Yudi Latif dan bagaimana konsep tersebut relevan dengan tantangan yang dihadapi Indonesia pada saat ini, yakni tantangan di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka. Penelitian ini menganalisis berbagai sumber kepustakaan seperti buku dan artikel yang relevan dengan tema penelitian. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan kebudayaan yang menekankan membudayakan manusia merupakan konsep yang relevan menghadapi era digital yang disruptif. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Kurniawan, W. ., & Hidayati, T. (2022). Relevansi Pendidikan Berkebudayaan untuk Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Era Digital. Gema Wiralodra, 13(2), 826–838. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.315