PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA

Authors

  • Eka vasia anggis IAIN Walisongo
  • Ratna Wahyu Wulandari IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.103

Keywords:

Instrumen, kerjasama, metode kooperatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen kemampuan kerjasama mahasiswa dengan menggunakan metode kooperatif dalam pembelajaran. Metode penelitian menggunakan metode Pengembangan dan Penelitian (R&D). Langkah penelitian pengembangan meliputi studi pendahuluan (kajian pustaka, observasi), desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk terbatas, uji coba produk penerapan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, istrumen kerjasama. Hasil penelitian ini adalah revisi para ahli rumpun pedagogik dalam pengembangan instrument. Uji keterbacaan tergolong kategori baik 70%, sangat baik 20%, cukup baik 10%. Tahap penerapan, kelompok 5 menempati persentase kerjasama yang paling tinggi dan aspek kerjasama yang memiliki point tertinggi adalah aspek responsif dan yang paling rendah adalah tanggung jawab. Simpulan ini adalah Jadi melalui metode kooperatif, aspek kerjasama yang paling menojol adalah responsive dibandingkan aspek kerjasama lain. 

Kata Kunci : Instrumen, kerjasama, metode kooperatif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

anggis, E. vasia ., & Wulandari, R. W. . (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA. Gema Wiralodra, 11(1), 99–106. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.103