BAGAIMANAKAH PENGUASAAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF SEDERHANA SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI WEMOJI UNTUK BASIC?

Authors

  • Siti Khodijah Nasution SMP Negeri 4 Depok Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.109

Keywords:

Berbantuan Digital, Aplikasi Wemoji, Kemampuan Menulis Teks Deskriptif   Sederhana

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan kemampuan menulis teks deskriptif sederhana siswa melalui discovery learning terbimbing berbantuan aplikasi wemoji untuk basic. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa; (2) menstimulus siswa menulis kreatif yang menyenangkan melalui aplikasi wemoji untuk basic; (3) melatih siswa berpikir HOTS melalui pembelajaran berbantuan aplikasi wemoji untuk basic. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni desain penelitian tindakan kelas. Tindakan yang digunakan yakni dengan discovery learning terbimbing berbantuan aplikasi wemoji untuk basic. Partisipan yang terlibat berjumlah 35 siswa kelas VII-B di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang ada di Depok, Jawa Barat pada Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatakan kemampuan menulis teks deskriptif sederhana siswa. Hal tersebut terlihat dari adanya penguasaan kemampuan menulis teks deskriptif sederhana baik melalui tes maupun non tes, yakni adanya peningkatan kemampuan menulis siswa sebesar 76,4% dalam hasil tes serta ketuntasan 80%, dikatagorikan hasilnya baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

Nasution, S. K. (2020). BAGAIMANAKAH PENGUASAAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF SEDERHANA SISWA MELALUI DISCOVERY LEARNING TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI WEMOJI UNTUK BASIC?. Gema Wiralodra, 11(1), 59–73. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.109