“BEDAK” MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN RUANG: UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Siti Amalia SMPN 17 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.110

Keywords:

Bedak Matematika, literasi Matematika, balok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi matematika melalui penggunaan “BEDAK” Matematika. Desain penelitian yang digunakan yakni classroom action research. Sedangkan tindakan yang diberikan berupa bedak matematika. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas VII-B di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Kota Bogor, Jawa Barat pada Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil. Hasil temuan menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran dengan menggunakan “BEDAK” Matematika pada materi luas pemukaan dan volume balok dapat meningkatkan literasi matematis siswa. Selain erdasarkan hasil angket mengungkapkan bahwa Sembilan puluh persen (90%) siswa berpendapat pembelajaran menggunakan “BEDAK” Matematika sangat menarik dan menyenangkan. Sembilan tujuh persen (97%) siswa berpendapat strategi ini membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran matematika. Delapan puluh tujuh persen (87%) siswa menyatakan duduk dalam kelompok bertukar pendapat dengan teman dapat membantu kesulitan dalam memahami materi. Sembilan puluh persen (90%) siswa berargumen bahwa permasalahan yang diberikan dalam pembelajaran memperkaya wawasan mengenai manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

Amalia, S. (2020). “BEDAK” MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN RUANG: UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Gema Wiralodra, 11(1), 11–25. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.110