PENGUATAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, RAS DAN ANTAR GOLONGAN SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.111Keywords:
keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai bhineka tunggal ika, problem based learningAbstract
Keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan menjadi pilar keutuhan bangsa dalam bernegara. Peserta didik sebagai wakil dari penerus bangsa diharapkan dapat memahami makna dari keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari melalui pengenalan budaya yang diusung dari keberagaman tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keberagamaan suku, agama, ras dan antar golongan melalui problem based learning. Desain penelitian yang digunakan yakni classroom action research. Sedangkan tindakan yang diberikan berupa problem based learning. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa kelas VII-A di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Depok, Jawa Barat pada Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman siswa tentang makna budaya daerah sebagai pengukuh keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai bhineka tunggal ika di kehidupan sehari-hari.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.