PENGUATAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, RAS DAN ANTAR GOLONGAN SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Enok Wijenar SMP Negeri 4 Depok Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.111

Keywords:

keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai bhineka tunggal ika, problem based learning

Abstract

Keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan menjadi pilar keutuhan bangsa dalam bernegara. Peserta didik sebagai wakil dari penerus bangsa diharapkan dapat memahami makna dari keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari melalui pengenalan budaya yang diusung dari keberagaman tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman keberagamaan suku, agama, ras dan antar golongan melalui problem based learning. Desain penelitian yang digunakan yakni classroom action research. Sedangkan tindakan yang diberikan berupa problem based learning. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa kelas VII-A di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Depok, Jawa Barat pada Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman siswa tentang makna budaya daerah sebagai pengukuh keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan dalam bingkai bhineka tunggal ika di kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

Wijenar, E. (2020). PENGUATAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, RAS DAN ANTAR GOLONGAN SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING . Gema Wiralodra, 11(1), 35–44. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.111