THE STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE USE OF ELECTRONIC DICTIONARIES IN EFL CONTEXT: LESSON LEARNED FROM INDONESIAN VOCATIONAL HIGH SCHOOL

Authors

  • Atikah Wati Wiralodra University

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.120

Keywords:

Kamus electronik, persepsi siswa, sekolah kejuruan, study kasus

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki persepsi siswa sekolah menengah kejuruan dalam menggunakan kamus elektronik beserta kelebihan dan kekurangannya. Studi kasus tunggal holistik digunakan sebagai metode penelitian. Kuisioner dan wawancara digunakan untuk mendapatkan data dari 19 siswa sekolah menengah kejuruan swasta di Indramayu, Jawa Barat. Temuan menunjukkan bahwa kebanyakan siswa kejuruan menggunakan Google Translate dan U-Dictionary untuk membantu mereka belajar bahasa Inggris. Sedangkan persepsi siswa tentang kamus electronic adalah 63% siswa setuju bahwa kamus elektronik dapat membuat mereka memahami pentingnya belajar bahasa Inggris. 37% siswa mengatakan bahwa kamus elektronik dapat meningkatkan efisiensi belajar bahasa Inggris, memotivasi dan meningkatkan bahasa Inggris mereka. 79% siswa setuju bahwa kelebihan kamus elektronik adalah memiliki input kata yang cukup, mudah digunakan, sistem penerjemahan cepat, dan memiliki terjemahan suara, sedangkan kelemahannya hanya berkutat masalah koneksi internet dan kesalahan penerjemahan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Wati, A. (2020). THE STUDENTS’ PERCEPTIONS ON THE USE OF ELECTRONIC DICTIONARIES IN EFL CONTEXT: LESSON LEARNED FROM INDONESIAN VOCATIONAL HIGH SCHOOL. Gema Wiralodra, 11(2), 265–273. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.120