Peran Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas IV di SDI Manunai Maumere
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.126Keywords:
peran guru, pembelajaran, seni budayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran seni budaya melukis dengan menggunakan media di SDI Manunai Maumere. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seni budaya dan siswa yang mengikuti pembelajran seni budaya di kelas IV SDI Manunai Maumere yang berjumlah 30 siswa. Teknik pada pengumpulan data dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Peran guru yang terdapat pada proses pembelajaran di SDI Manunai Maumere memperlihatkan sesungguhnya guru bias mengelementasikan 7 dari 9 peran guru yang dijalankan pada proses belajar mengajar, yaitu guru sebagai perencana proses belajar dan mengajar, guru sebgai pengatur proses belajar, guru sebagai pembimbing dalam proses belajar, guru sebagai penilai, guru sebagai tempat konsultasi kepada siswa, guru harus menggunakan kurikulum yang berbasis lingkungan, tugas serta tanggung jawab guru, dan syarat guru yang baik dan berhasil.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.