Apakah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dipengaruhi oleh Komitmen Profesi Guru dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran?
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i1.147Keywords:
Pemahaman, Strategi, Sarana Prasarana, Komitmen Profesi Guru, Hasil Belajar SiswaAbstract
Rendahnya komitmen terhadap profesi guru non Pegawai Negeri Sipil pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Pertama merupakan sebuah permasalahan yang menjadi perhatian di dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini. Komitmen terhadap profesi merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan komitmen terhadap profesi guru non PNS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Kabupaten Cirebon. Penelitian tindakan sekolah ini mengambil sampel sebanyak 32 guru non PNS SMPN 1 Kapetakan. Peneliti melakukan perencanaan, tindakan berupa pelaksanaan In House Training (IHT) dan analisa perangkat guru serta aplikasinya, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman, strategi, sarana prasarana komitmen terhadap profesi guru mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Komitmen profesi guru setelah tindakan lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. 65,61% adalah nilai kontribusi tindakan pada komitmen profesi terhadap guru yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa di sekolah tersebut
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.