Analisis Metode Springate (S-Score) Sebagai Alat untuk Memprediksi Kebangkrutan (Studi Kasus Pada Pusat Koperasi Kredit Swadaya Utama Maumere)
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i1.172Keywords:
kebangkrutan, Springate (S-SCORE)Abstract
Masalah yang sering terjadi di suatu koperasi biasanya disebabkan oleh masalah keuangan. Untuk mengukur tingkat kesahatan keuangan koperasi dapat digunakan analisis rasio keuangan dengan menggunakan metode Springate S-Score. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi kebangkrutan koperasi-koperasi kredit dibawa naungan Puskopdit Swadaya Utama Maumeredengan menggunakan metode Springate S-Score. Sampel penelitian yang digunakan adalah koperasi-koperasi kredit dibawa naungan Puskopdit Swadaya Utama Maumere pada tahun 2017-2019 yang terdiri dari 19 Koperasi. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan koperasi. Teknik analisis yang digunakan adalah metode Springate S-Score dalam memprediksi kebangkrutan.Hasil penelitian menunjukan koperasi yang masuk dalam kategori sehat selama tiga tahun bertutut-turut adalah koperasi Tuke jung, Sube Huter, Bina Pertiwi, Surya Sakti, Pelu Meluk, Tuke dan Tuke Ler. Disamping itu juga terdapat koperasi yang berada dalam posisi bangkrut selama 3 tahun berturut-turut pada tahun pengamatan yaitu tahun 2017-2019 adalah koperasi Obor Mas, koperasi Ankara, koperasi Guru Klubagolit, koperasi Karun, koperasi Bina Keluarga, Koperasi Suri Pudi, koperasi dan koperasi Ladang. Koperasi Hiro Heling pada tahun 2018 bedada dalam posisi bangkrut, akan tetapi pada tahun 2019 koperasi tersebut berhasil keluar dari kebangkrutan. Koperasi Ladang Pada tahun 2017-2019 kinierja koperasi ini terus menurun, penurunan dapat dilihat dari S-Score pada tahun 2019 yang sangat rendah
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.