Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Bagaimana Upaya Meningkatkan Kinerja Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama?

Authors

  • Wilhelmus Mba Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.177

Keywords:

Manajemen Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, faktor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja kerja guru di SMP Negeri 1 Ndona. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ndona. Subyek penelitian meliputi, guru-guru dan pegawai. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan  adalah gaya kepemimpinan demokratis partisipatif, misalnya dengan meminta kesepakatan melalui rapat guru dan pegawai tata usaha secara berkala, rapat dengan pengurus komite dan rapat dengan orang tua peserta didik, menyusun rencana sekolah secara bersama, dan menentukan tujuan yang ingin dicapai, faktor yang mendukung manajemen kepemimpinan kepala sekolah mencakup faktor ketersediaan dana, personalia yang terdiri dari guru dan pegawai tata usaha, ketersediaan sarana dan prasarana, jumlah guru yang memadai dan kualifikasi guru yang sesuai, peserta didik yang baik, serta dukungan dari masyarakat yang peduli terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah, memiliki visi dan misi untuk membangkitkan semangat guru agar lebih meningkat kinerjanya, sedangkan faktor penghambatnya adalah dukungan orang tua peserta didik yang belum optimal karena sebagian besar orang tua peserta didik ekonominya lemah. Untuk mengatasi masalah tersebut kepala sekolah dengan melibatkan guru, pegawai tata usaha, pengurus komite, orang tua peserta didik dan dinas pendidikan kabupaten Ende, berusaha memotivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya, peningkatan kinerja guru dilakukan dengan memotivasi guru-guru yang berijazah belum sarjana untuk kuliah lagi sesuai dengan bidang tugasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-06

How to Cite

Mba, W. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Bagaimana Upaya Meningkatkan Kinerja Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama?. Gema Wiralodra, 11(2), 359–380. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.177