Apakah Pembelajaran Berbasis Proyek dan Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Madrasah?

Authors

  • Muh. Aripin Nurmantoro Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al-Amin Indramayu
  • Asep Saefullah Kamali STKIP Syekh Manshur
  • Maya Ulfah Sutarba Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al-Amin Indramayu
  • Indra Hernawan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al-Amin Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v13i1.219

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Maslah, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kreatif IPA

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif IPA siswa baik secara multivariat maupun secara univariat. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik Analisis yang dipergunakan adalah manova satu jalur. Hasil analisis data menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif IPA secara multivariat. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep IPA secara univariat. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA secara univariat. (1) Dalam upaya peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif IPA, model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan untuk merangsang, menumbuhkan, dam memperkuat penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif IPA. (2) model pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan pada mata pelajaran IPA

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-27

How to Cite

Nurmantoro, M. A., Kamali, A. S. ., Sutarba, M. U. ., & Hernawan, I. (2022). Apakah Pembelajaran Berbasis Proyek dan Berbasis Masalah dapat Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Madrasah?. Gema Wiralodra, 13(1), 304–311. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v13i1.219