A correlation between students’ mastery of past tense and their achievement in writing recount of the eleventh grade students
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.227Keywords:
Studi Korelasi, Penguasaan Past Tense, Prestasi dalam Menulis RecountAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara penguasaan past tense siswa dan prestasi mereka dalam menulis recount dari siswa kelas sebelas SMA Muhammdiyah Limbung. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu sejauh mana penguasaan past tense siswa mempengaruhi prestasi mereka dalam menulis recount. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, peneliti melakukan penelitian dalam bentuk tes past tense dan tes menulis. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah Limbung. Terdapat 90 siswa kelas sebelas di mana 30 siswa diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik random sampling.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dua variabel di mana data diperoleh menggunakan Pearson Product Moment di SPSS 22.0 program. Nilai r yang diperoleh adalah 0.912. sedangkan nilai kritis r untuk tes dua-sisi dengan α = 5% dan df = 30-2 = 28 adalah 0.361 dan karena nilai r lebih tinggi dari nilai kritis, maka hubungan korelasinya signifikan. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 43.449 + 0.497 dan koefisien determinasi adalah 0.831.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gema Wiralodra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.