Content and Language Integrated Learning (CLIL) dalam Kurikulum ABEKA Sekolah Internasional

Authors

  • Nardiansyah Kamumu Universitas Negeri Surabaya
  • Kisyani Laksono Universitas Negeri Surabaya
  • Maria Mintowati Universitas Negeri Surabaya
  • Didik Nurhadi Universitas Negeri Surabaya
  • Djodjok Soepardjo Universitas Negeri Surabaya
  • Roni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.228

Keywords:

Content and Language Integrated Learning , Kurikulum ABEKA , Sekolah Internasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan CLIL (Content and Language Integrated Learning) dalam kurikulum ABEKA Sekolah Internasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode pengumpulan data library research (penelitian kepustakaan). Pengumpulan data penelitian kepustakaan diarahkan kepada pencarian data atau informasi melalui dokumen, foto, gambar, serta dokumen elektronik yang dapat diakses melalui website dan sumber studi literatur dari informan yang memiliki pengetahuan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan CLIL pada kurikulum ABEKA sekolah internasional, guru mata pelajaran Science misalnya, mengajar Science menggunakan bahasa Inggris. Proses belajar, penugasan/project, hingga Mid Term/UTS, dan Final Test/UAS menggunakan bahasa Inggris. Soal-soal pada mata pelajaran Science dikaitkan dengan cerita Alkitab, sebab kurikulum ABEKA berorientasi pada Alkitab sebagai kitab suci agama Kristen. Dalam pendekatan CLIL yang digunakan pada kurikulum ABEKA di Kalimantan Christian School, para siswa lebih terlatih berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dibandingkan dengan berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Pada sisi lain, penggunaan bahasa Indonesia oleh para siswa sangat minim. Bahasa Indonesia hanya digunakan pada beberapa mata pelajaran yang menggunakan kurikulum nasional di tingkat SD dan SMP, salah satunya mata pelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Kamumu, N., Laksono, K., Mintowati, M. ., Nurhadi, D. ., Soepardjo, D. ., & Roni, R. (2022). Content and Language Integrated Learning (CLIL) dalam Kurikulum ABEKA Sekolah Internasional. Gema Wiralodra, 13(2), 505–515. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.228