IDENTIFIKASI MULTIPLE INTELLIGENCE MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD STKIP NU INDRAMAYU

Authors

  • Dewi, R.A.K STKIP NU Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i2.23

Keywords:

Identifkasi, Multiple Intelligence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Multiple Intelligence mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP NU Indramayu. Multiple Intelligence merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan dalam menghasilkan tenaga pendidik yang dapat menjawab tantang Zaman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Survey digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil. Setelah dilakukan observasi data awal, dilanjutkan dengan pembuatan instrument berupa angket yang kemudian diujicobakan dan divalidasi. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mengampu mata kuliah konsep dasar IPA yaitu sebanyak 33 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan profil multiple intelligence mahasiswa yaitu sebanyak 8 mahasiswa dominan pada kecerdasan spasial, 7 mahasiswa dominan pada kecerdasan intrapersonal, 5 mahasiswa dominan pada kecerdasan kinestetik, 4 mahasiswa dominan pada kecerdasan linguistik, 1 mahasiswa dominan pada kecerdasan logis matematis, 2 mahasiswa dominan pada kecerdasan interpersonal, 2 mahasiswa dominan pada kecerdasan kinestetik, dan 4 mahasiswa dominan pada lebih dari satu kecerdasan.

Kata Kunci :

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-10-30

How to Cite

Andriani Kumala Dewi, R. . (2018). IDENTIFIKASI MULTIPLE INTELLIGENCE MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD STKIP NU INDRAMAYU . Gema Wiralodra, 9(2), 145–151. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i2.23