Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan pada Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah
Keywords:
Pengurusan Jenazah, Teknik DiskusiAbstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan metode demonstrasi pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kapetakan Cirebon, Jawa Barat Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini, yaitu prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, yaitu pada bulan Maret. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kapetakan Cirebon, yang terdiri dari 37 peserta didik. Objek penelitian adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI melalui penerapan metode demonstrasi mengalami peningkatan. Rata-rata nila peserta didik meningkat dari siklus I sebesar 66,1 menjadi 77,2 pada siklus II. Berdasarkan data tersebut, diketahui bahwa peserta didik yang telah lolos KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) pada siklus I sebanyak 17 peserta didik dari seluruh jumlah peserta didik dengan persentase 45,9%. Pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 81,1% yang terdiri dari 30 peserta didik yang telah lulus KKM. Pencapaian hasil belajar klasikal pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan karena peserta didik mengalami ketuntasan belajar individual ≥ 70. Dengan demikian penggunaan metode demonstrasi dalam mata pelajaran PAI dan BP dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Kapetakan Cirebon
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.