Analisis Pedagogical Content Knowladge Guru Biologi SMA Negeri Kotamadya Cirebon di Masa Pandemi melalui RPP, CoRe dan PaP-eRs.

Authors

  • Bahiyah Hasbi Universitas Kuningan, Indonesia
  • Zaenal Abidin Universitas Kuningan, Indonesia
  • Sofyan Hasanudin Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.274

Keywords:

PCK, Pandemi COVID 19, CoRe

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan di era digital dan di masa pandemi, menuntut guru untuk mengembangkan kompetensinya dan berinovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis Pedagogical Content Knowladge (PCK) guru Biologi SMA negeri kotamadya Cirebon di masa pendemi dianalisis melalui RPP, CoRe dan PaP-eRs. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif narrative. Teknik sampling yang dipilih dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel yang dijadikan sebagai subjek penelitian sebanyak 8 guru biologi SMA negeri kotamadya Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan PCK guru biologi SMA negeri kotamadya Cirebon di masa pendemi sangat baik membuat RPP dan hasil analisis CoRe, dan PaP-eRs dikategorikan maturing PCK, hanya pada kemampuan mengidentifikasi pengetahuan/ pemikiran siswa yang mempengaruhi kesulitan dalam mengajarkan konten berkategori growing PCK. Guru memunculkan 4 sampai 7 ide besar konten, hanya sedikit guru merasa mengalami kendala mengidentifikasi bagaimana cara mengajarkan konten, hal tersebut melatarbelakangi kondisi kegiatan pembelajaran di masa pandemi. Kemampuan PK guru memperoleh nilai dominan lebih tinggi dari pada kemampuan CK, karena kemampuan CK guru senior yang sudah mendekati masa pensiun mengalami penurunan dikarenakan usia, daya ingat, kesehatan dan faktor psikologis guru melatarbelakangi kemampuan CK yang lebih rendah dari pada PK.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Hasbi, B., Abidin, Z. ., & Hasanudin, S. (2023). Analisis Pedagogical Content Knowladge Guru Biologi SMA Negeri Kotamadya Cirebon di Masa Pandemi melalui RPP, CoRe dan PaP-eRs. Gema Wiralodra, 14(1), 463–473. https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.274