Peningkatan Literasi Menulis Geguritan Melalui Metode 3M Berbantuan Karikatur Berkarakter

Authors

  • Tri Muryanti Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tarokan

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.288

Keywords:

metode pembelajaran, media literasi, keterampilan literasi, Menulis Geguritan

Abstract

Rendahnya keterampilan literasi menulis geguritan peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 2 Tarokan Kabupaten Kediri menjadi masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar literasi menulis geguritan melalui metode 3M yaitu mengonsep gagasan, membahasakan, dan menuliskan berbantuan Karikatur Berkarakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperolah melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data bahwa padat tahap pratindakan keterampilan literasi menulis geguritan 16 % meningkat 78 % pada siklus I dan semakin meningkat 97% pada siklus II. Aktivitas peserta didik dapat meningkat melalui metode 3M menggunakan berbantuan media literasi karikatur Berkarakter. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode 3M berbantuan Karikatur Berkarakter dapat meningkatkan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Muryanti, T. (2022). Peningkatan Literasi Menulis Geguritan Melalui Metode 3M Berbantuan Karikatur Berkarakter. Gema Wiralodra, 13(2), 467–487. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.288