Peningkatan Literasi Menulis Geguritan Melalui Metode 3M Berbantuan Karikatur Berkarakter
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.288Keywords:
metode pembelajaran, media literasi, keterampilan literasi, Menulis GeguritanAbstract
Rendahnya keterampilan literasi menulis geguritan peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 2 Tarokan Kabupaten Kediri menjadi masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar literasi menulis geguritan melalui metode 3M yaitu mengonsep gagasan, membahasakan, dan menuliskan berbantuan Karikatur Berkarakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperolah melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data bahwa padat tahap pratindakan keterampilan literasi menulis geguritan 16 % meningkat 78 % pada siklus I dan semakin meningkat 97% pada siklus II. Aktivitas peserta didik dapat meningkat melalui metode 3M menggunakan berbantuan media literasi karikatur Berkarakter. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa metode 3M berbantuan Karikatur Berkarakter dapat meningkatkan hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gema Wiralodra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.