Evaluasi Pelaksanaan Prakerin (Prektek Kerja Industri) di Salah Satu SMK di Tangerang dengan Pendekatan Goal Oriented Evalution Model

Authors

  • Ade Holisoh Universitas Pamulang
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurhalimah Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.297

Keywords:

evaluasi, praktik kerja industri, goal oriented evaluation

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ketercapaian pelaksanaan program praktik kerja industri sesuai dengan tujuan praktik kerja industri menurut Permendikbud 50 tahun 2020, kendala, dan masukan terkait perbaikan pelaksanaan program praktik kerja industri di SMK Negeri 5 Kab. Tangerang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan model evaluasi Goal Oriented Evaluation dalam menganalisis program praktik kerja industri. Responden dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara  kualitatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program praktik kerja industri sudah dilaksanakan dengan baik, tujuan-tujuan  pelaksanaan praktik kerja industri menurut Permendikbud 50 tahun 2020 sudah tercapai dengan baik, tetapi butuh beberapa perbaikan agar praktik kerja industri menjadi lebih maksimal dalam pelaksanaannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Holisoh, A., Anriani, N. ., & Nurhalimah, N. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Prakerin (Prektek Kerja Industri) di Salah Satu SMK di Tangerang dengan Pendekatan Goal Oriented Evalution Model. Gema Wiralodra, 13(2), 799–805. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.297