PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i2.32Keywords:
Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kearifan Lokal, Pendidikan KarakterAbstract
Redoks berisi konsep-konsep yang cukup sulit untuk difahami siswa, karena menyangkut reaksi-reaksi kimia, konsep-konsep yang bersifat abstrak dan berjenjang. Hasil temuan di lapangan juga menunjukkan pembelajaran masih belum kontekstual dan belum menunjukkan aplikasinya dalam teknologi atau fenomena dalam kehidupan sehari hari. Hal ini terjadi pada siswa SMA Muhammadiyah Kedawung, 75% dinyatakan tidak tuntas pada materi redoks. Pendidikan karakter belum sepenuhnya diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan produk perangkat pembelajaran yang disusun berdasarkan analisis potensi dan masalah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre test – post test control group design. Tes dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah perlakuan baik pada kelas eksperimen maupun kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar pada materi redoks sebelum dan sesudah perlakuan baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 81,39% sedangkan kelas kontrol 45,45%. Model pembelajaran ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan karakter jujur, tanggung jawab dan peduli lingkungan siswa meskipun kenaikannya dikategorikan rendah. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran dianalisis secara kualitatif diperoleh rata-rata 79,33 dengan kategori sangat baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.