Keterampilan menulis teks persuasi siswa sekolah menengah pertama (SMP): apakah efektif menggunakan media iklan dan media karikatur?

Authors

  • Dewi Nurhadi Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Akmal Hamsa Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ramly Ramly Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.325

Keywords:

Keefektifan, media iklan, media karikatur, teks persuasi, keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk (1) mengkaji keterampilan menulis teks persuasi siswa SMP dalam  menggunakan media iklan dan media karikatur; dan (2) membuktikan keefektifan penggunaan media iklan dan kakarikatur dalam  meningkatkan ketrampilan menulis teks persuasi siswa  SMP. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Binamu. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan penentuan sampel secara acak. Sampel yang terpilih, yaitu Kelas VIII3 dengan menggunakan media iklan dan Kelas VIII1 dengan menggunakan media karikatur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tugas menulis teks persuasi dengan pengumpulan data, yaitu pemberian tugas. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan bantuan SPSS version 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis teks persuasi dengan menggunakan media iklan siswa Kelas VIII3 SMP Negeri 2 Binamu berada pada kategori terampil dengan nilai rata-rata 73,65; (2) keterampilan menulis teks persuasi dengan menggunakan media karikatur siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Binamu berada pada kategori cukup terampil dengan nilai rata-rata 60,81; dan (3) keterampilan menulis teks persuasi dengan menggunakan media iklan lebih efektif daripada media karikatur. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 3,214 dan nilai ttabel 1,993. Sehingga, dinyatakan bahwa nilai thitung > ttabel, maka hipotesis alternatif (H1) diterima. Artinya, media iklan lebih efektif daripada media karikatur dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Nurhadi, D., Hamsa, A., & Ramly, R. (2023). Keterampilan menulis teks persuasi siswa sekolah menengah pertama (SMP): apakah efektif menggunakan media iklan dan media karikatur? . Gema Wiralodra, 14(1), 50–62. https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.325