PROFIL SOFT SKILLS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.34Keywords:
soft skills, mahasiswa, deskriptif kuantitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran profil soft skills pada mahasiswa PGSD TA 2015/2016 di Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Subjek penelitian berjumlah 25 mahasiswa PGSD TA 2015/2016.Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi soft skills yang sudah tervalidasi. Dalam penelitian ini, pencapaian soft skills mahasiswa difokuskan pada lima aspek yaitu kerjasama, tanggung jawab, percaya diri, kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skill mahasiswa yang mencapai kriteria sedang sebesar 56% dan termasuk persentase tertinggi, sedangkan 24% mahasiswa memiliki kriteria soft skills dengan kriteria rendah, serta masing-masing 4% termasuk kriteria sangat rendah dan sangat tinggi, sedangkan yang berkriteria tinggi hanya mencapai 8%. Profil soft skills yang teridentifikasi tinggi yaitu aspek kerjasama (68%) dengan kriteria sedang dan yang terendah yaitu aspek kemampuan berkomunikasi (57,4%) dengan kriteria rendah.
Kata kunci: , mahasiswa,
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.