PROFIL SOFT SKILLS MAHASISWA

Authors

  • Faizah Universitas Nahdlatul Ulama, Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.34

Keywords:

soft skills, mahasiswa, deskriptif kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran profil soft skills pada mahasiswa PGSD TA 2015/2016 di Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif.Subjek penelitian berjumlah 25 mahasiswa PGSD TA 2015/2016.Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi soft skills yang sudah tervalidasi. Dalam penelitian ini, pencapaian soft skills mahasiswa difokuskan pada lima aspek yaitu kerjasama, tanggung jawab, percaya diri, kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skill mahasiswa yang mencapai kriteria sedang sebesar 56% dan termasuk persentase tertinggi, sedangkan 24% mahasiswa memiliki kriteria soft skills dengan kriteria rendah, serta masing-masing 4% termasuk kriteria sangat rendah dan sangat tinggi, sedangkan yang berkriteria tinggi hanya mencapai 8%. Profil soft skills yang teridentifikasi tinggi yaitu aspek kerjasama (68%) dengan kriteria sedang dan yang terendah yaitu aspek kemampuan berkomunikasi (57,4%) dengan kriteria rendah.

Kata kunci: , mahasiswa, 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Faizah, F. (2018). PROFIL SOFT SKILLS MAHASISWA. Gema Wiralodra, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.34