Kepuasan Petugas Dinas Perhubungan dan Kinerja Juru Parkir Tepi Jalan Umum: Upaya Inovasi Pelayanan Kepada Masyarakat

Authors

  • Masturin Jamalina Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Rochmat Aldy Purnomo Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Yeni Cahyono Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Hoirul Hamidah Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
  • Asis Riat Winanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.356

Keywords:

Kepuasan Parkir, Pelayanan Parkir, Kinerja

Abstract

Penataan parkir merupakan salah satu masalah yang timbul dalam penerapan fungsi dan tugas UPTD Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo. Kondisi perparkiran yang kurang teratur, dan masih menggunakan badan jalan yang menimbulkan kemacetan. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis kepuasan petugas dinas perhubungan terhadap kinerja juru parkir tepi jalan umum sebagai inovasi pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bersifat Deskriptif Kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis metode penelitian yang diperlukan untuk mengangkat dan mengupas sebuah masalah. Selanjutnya, jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan cara interview (wawancara), observasi (pengamatan), serta dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kepuasan yang diberikan oleh dinas perhubungan terhadap kinerja juru parkir di Kabupaten Ponorogo sudah cukup baik. Pengetahuan serta kemampuan juru parkir mengenai fungsi dan tugas pokoknya terbatas sehingga sulit untuk dikuasai dengan baik. Selain itu, pelayanan parkir tepi jalan umum perlu ditingkatkan terutama dalam segi kemudahan parkir yang menduduki peringkat terakhir dalam hal pelayanan. Inovasi pelayanan kepada masyarakat disini dengan menyangkut kejelasan dan kepastian tarif retribusi parkir, kepastian karcis, kejelasan rambu parkir yang dapat dengan mudah didapatkan oleh pengguna jasa parkir. Upaya inovasi tersebut dapat diterapkan melalui e-parkir atau parkir online yang akan mempermudah masyarakat dalam membayar tarif parkir tersebut, dalam upaya ini diharapkan mampu mengurangi adanya kebocoran retribusi parkir dan mempermudah dinas terkait memberantas adanya parkir liar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Jamalina, M., Purnomo, R. A. ., Cahyono, Y. ., Hamidah, H. ., & Winanto, A. R. . (2023). Kepuasan Petugas Dinas Perhubungan dan Kinerja Juru Parkir Tepi Jalan Umum: Upaya Inovasi Pelayanan Kepada Masyarakat. Gema Wiralodra, 14(1), 75–81. https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.356