Strategi promosi Pondok Pesantren Darul Maarif Indramayu di era digital: explorative case study
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.358Keywords:
era digital, pondok pesantren, promosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kegiatan promosi, mengetahui strategi promosi, dan mengetahui bauran-bauran promosi (promotion mix) yang handal diterapkan pondok pesantren Darul Ma’arif Indramayu di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Strategi penelitian studi kasus adalah strategi dimana peneliti menyelidi secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, atau sekelompok individu. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi, dan gabungan (triangulasi). Hasil penelitian ini yaitu strategi promosi pondok pesantren Darul Maarif Indramayu di era digital adalah merencanaan dengan matang dengan cara melakukan menganalisis audien sasaran dan menetapkan tujuan promosi. Sasaran audien yang dituju adalah khalayak umum, lebih khusus orang tua yang memiliki anak ingin melanjutkan tingkat SMP dan SMA. Sedangkan tujuan promosi yang ditetapkan adalah ingin meningkatkan citra (image) pesantren dengan menyebarluaskan keunggulan program-program pendidikan, fasilitas-fasilitas terbaik, dan prestasi-prestasi yang didapat melalui bauran-bauran promosi (promotions mix) melaui media digital seperti facebook, youtube, instagram, twitter, tiktok, podcast, dan website. Setiap media digital tersebut ditangai oleh tim khusus. Selain gencar menggunakan media komunikasi promosi digital, pesantren Darul Maarif juga masih menerapkan bauran promosi konvensional seperti periklanan melalui radio, mengadakan diskon-diskon menarik, mengadakan berbagai kegiatan lomba, dan kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat sekitar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ade Apriyanto, Ahmad Maskur Subaweh, Wawan Setiawardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.