Strategi promosi Pondok Pesantren Darul Maarif Indramayu di era digital: explorative case study

Authors

  • Ade Apriyanto STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu, Indonesia
  • Ahmad Maskur Subaweh STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu, Indonesia
  • Wawan Setiawardani STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.358

Keywords:

era digital, pondok pesantren, promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kegiatan promosi, mengetahui strategi promosi, dan mengetahui bauran-bauran promosi (promotion mix) yang handal diterapkan pondok pesantren Darul Ma’arif Indramayu di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Strategi penelitian studi kasus adalah strategi dimana peneliti menyelidi secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, atau sekelompok individu. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi, dan gabungan (triangulasi). Hasil penelitian ini yaitu strategi promosi pondok pesantren Darul Maarif Indramayu di era digital adalah merencanaan dengan matang dengan cara melakukan menganalisis audien sasaran dan menetapkan tujuan promosi. Sasaran audien yang dituju adalah khalayak umum, lebih khusus orang tua yang memiliki anak ingin melanjutkan tingkat SMP dan SMA. Sedangkan tujuan promosi yang ditetapkan adalah ingin meningkatkan citra (image) pesantren dengan menyebarluaskan keunggulan program-program pendidikan, fasilitas-fasilitas terbaik, dan prestasi-prestasi yang didapat melalui bauran-bauran promosi (promotions mix) melaui media digital seperti facebook, youtube, instagram, twitter, tiktok, podcast, dan website. Setiap media digital tersebut ditangai oleh tim khusus. Selain gencar menggunakan media komunikasi promosi digital, pesantren Darul Maarif juga masih menerapkan bauran promosi konvensional seperti periklanan melalui radio, mengadakan diskon-diskon menarik, mengadakan berbagai kegiatan lomba, dan kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat sekitar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-22

How to Cite

Apriyanto, A. ., Subaweh, A. M. ., & Setiawardani, W. . (2023). Strategi promosi Pondok Pesantren Darul Maarif Indramayu di era digital: explorative case study. Gema Wiralodra, 14(1), 422–433. https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.358