Model pembelajaran Flipped Classroom dengan mediainteraktif video: dampaknya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.366Keywords:
Learning Model, Flipped Classroom, Video MediaAbstract
Berdasarkan hasil observasi di Kelas X SMK Negeri 3 Kota Bengkulu pada mata pelajaran Sistem Komputer siswa cenderung belajar dengan fokus pada buku pelajaran yang pada akhirnya membuat kegiatan belajar mengajar menjadi tidak menarik dan siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran dan berdampak rata-rata nilai akhir tidak mencapai nilai KKM. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 30 orang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara penerapan model pembelajaran flipped classrom menggunakan media video interaktif dan model pembelajaran konvensional dengan video dan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep sistem komputer. Namun jika dilihat dari uji ANOVA satu cell path tidak sama yaitu terdapat perbedaan jika dilihat dari nilai signifikan yaitu 0,037 yang berarti nilai sig < α yaitu 0,05 dan juga terdapat perbedaan jika dilihat dari nilai rata-rata yaitu (81,2667) untuk model pembelajaran flipped classrom dengan menggunakan media video interaktif diperoleh nilai rata-rata (74,7667) untuk model pembelajaran konvensional dengan menggunakan video dan rata-rata (74,8667) untuk model pembelajaran konvensional sehingga jika dilihat dari nilai rata-rata yaitu untuk model pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan media interaktif video memiliki nilai rata-rata yang lebih besar dibandingkan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan video dan model pembelajaran konvensional saja.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fadlul Amdhi Yul, Niska Ramadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.