Analisis kebutuhan pengembangan silabus pembelajaran bahasa Jawa Banten dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL)
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.420Keywords:
Kebutuhan Pengembangan, Silabus Pembelajaran, Bahasa Jawa Banten, Pendekatan CLILAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pada silabus mata pelajaran Bahasa Jawa Banten di Kota Serang. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sementara analisis data penelitian menggunakan pendekatan Miles et al dengan tahapan yakni pemilihan data, pengkajian, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa 1) analisis silabus, hanya ada beberapa KD yang tidak sesuai dengan sub tema serta pemakaian indikator yang diulang. Materi yang digunakan dalam pembelajaran tidak berdasarkan pada Budaya Lokal Banten, yakni menggunakan budaya daerah lain, 2) analisis siswa diperoleh kesimpulan bahwa siswa kurang mengenali budaya dan wilayah daerah sendiri yaitu daerah Banten sebagai tempat tinggalnya, 3) analisis guru membutuhkan silabus yang dapat memenuhi kebutuhan belajar secara individu dan mampu membuat siswa lebih mandiri sesuai dengan budaya lingkungan sekitarnya, 4) alasan pengembangan Silabus pembelajaran dengan pendekatan Conten Language and Integrated Learning (CLIL) dibutuhkan karena kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa efek lingkungan luar terhadap siswa memiliki pengaruh yang besar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asdarina Asdarina, Suhanul Baqiyah, Septi Citra Permana, Achmad Hufad, Maman Fathurohman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.