Analisis kebutuhan pengembangan silabus pembelajaran bahasa Jawa Banten dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL)

Authors

  • Asdarina Asdarina STKIP Mutiara Banten, Indonesia
  • Suhanul Baqiyah STKIP Mutiara Banten, Indonesia
  • Septi Citra Permana STKIP Mutiara Banten, Indonesia
  • Achmad Hufad Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maman Fathurohman Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.420

Keywords:

Kebutuhan Pengembangan, Silabus Pembelajaran, Bahasa Jawa Banten, Pendekatan CLIL

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pada silabus mata pelajaran Bahasa Jawa Banten di Kota Serang. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Sementara analisis data penelitian menggunakan pendekatan Miles et al dengan tahapan yakni pemilihan data, pengkajian, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa 1) analisis silabus, hanya ada beberapa KD yang tidak sesuai dengan sub tema serta pemakaian indikator yang diulang. Materi yang digunakan dalam pembelajaran tidak berdasarkan pada Budaya Lokal Banten, yakni menggunakan budaya daerah lain, 2) analisis siswa diperoleh kesimpulan bahwa siswa kurang mengenali budaya dan wilayah daerah sendiri yaitu daerah Banten sebagai tempat tinggalnya, 3) analisis guru membutuhkan silabus yang dapat memenuhi kebutuhan belajar secara individu dan mampu membuat siswa lebih mandiri sesuai dengan budaya lingkungan sekitarnya, 4) alasan pengembangan Silabus pembelajaran dengan pendekatan Conten Language and Integrated Learning (CLIL) dibutuhkan karena kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa efek lingkungan luar terhadap siswa memiliki pengaruh yang besar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Asdarina, A., Baqiyah, S. ., Permana, S. C. ., Hufad, A., & Fathurohman, M. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan silabus pembelajaran bahasa Jawa Banten dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL). Gema Wiralodra, 14(1). https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.420