Analisis pengaruh destination image, perceived value, dan kepuasan terhadap loyalitas wisatawan dalam mengunjungi destinasi wisata di Banyuwangi

Authors

  • Indra Perdana Wibisono Universitas Jember, Indonesia
  • Rebecha Prananta Universitas Jember, Indonesia
  • Pramesi Lokaprasidha Universitas Jember, Indonesia
  • Margaretta Andini Nugroho Universitas Jember, Indonesia
  • Sri Wahjuni Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.421

Keywords:

Destination Image , Perceived Value , Kepuasan Wisatawan , Loyalitas Wisatawan

Abstract

Kabupaten Banyuwangi berhasil dalam pengembangan Pariwisata. Adanya perubahan dari citra buruk menjadi citra kota wisata dalam waktu 6 tahun perlu diteliti lebih lanjut sehingga citra yang sudah baik tidak menjadi buruk lagi. Citra Destinasi berpengaruh terhadap perilaku wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan agar citra destinasi di Banyuwangi tetap terjaga dengan baik sehingga memunculkan loyalitas wisawatan yang baik juga. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis menggunakan Structural Equation Modeling menggunakan program statistik LISREL 8.80. Sampel yang digunakan adalah responden atau wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Hasil dari penelitian ini adalah citra tujuan memiliki pengaruh yang kuat terhadap variabel persepsi nilai, kepuasan dan loyalitas wisatawan. Demikian juga, nilai yang dirasakan memiliki pengaruh positif pada kepuasan dan loyalitas wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Wibisono, I. P. ., Prananta, R., Lokaprasidha, P. ., Nugroho, M. A. ., & Wahjuni, S. (2023). Analisis pengaruh destination image, perceived value, dan kepuasan terhadap loyalitas wisatawan dalam mengunjungi destinasi wisata di Banyuwangi. Gema Wiralodra, 14(1), 190–200. https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.421