Apakah kompetensi guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar?

Authors

  • Meliani Meliani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhammad Basri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Evi Ristiana Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.442

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru (pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional) guru terhadap hasil belajar murid SDN Gugus 2 di Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan metode Survei kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui angket,observasi,wawancara dan tes hasil belajar murid kelas IV,V,dan VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi Pedagogik guru berpengaruh terhadap hasil belajar murid SDN Gugus 2 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,415 termasuk kategori “sedang”, Kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap hasil belajar murid SDN Gugus 2 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,376 termasuk dalam kategori “rendah”. Kompetensi Kepribadian guru berpengaruh terhadap hasil belajar murid SDN Gugus 2 dengan koefisien korelasi sebesar 0,317 termasuk dalam kategori “rendah”. Kompetensi Profesional guru berpengaruh terhadap hasil belajar murid SDN Gugus 2 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,429 termasuk dalam kategori “sedang”. Ada pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi professional guru secara simultan terhadap hasil belajar murid dibuktikan  dengan uji korelasi berganda didapatkan nilai R sebesar 0,614 berada pada kategori “kuat”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Meliani, M., Basri, M., & Ristiana, E. (2023). Apakah kompetensi guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar?. Gema Wiralodra, 14(1), 474–485. https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.442