PENGARUH PEMBENTUKAN IKLIM MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH MUNDU PESISIR KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.55Keywords:
Kinerja guru, Hasil BelajarAbstract
Iklim madrasah di MA Islamiyah Mundu Pesisir merupakan suasana kehidupan di sekolah mencakup kebiasaan, kebudayaan, tradisi dan cara bertindak personalia yang ada di madrasah, baik guru, pegawai/staff maupun siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dialakukan penelitian tentang pengaruh pembentukan Iklim Madrasah dan Kinerja Guru terhadap hasil belajar Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Mundu Pesisir Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembentukan Iklim Madrasah dan Kinerja Guru terhadap hasil belajar Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Mundu Pesisir Kabupaten Cirebon. Penelitian dilakukan dengan metode kuanitatif bertujuan untuk mengetahui pngaruh antara variabel-variabel yang diteliti. Populasi pada penelitian meliputi seluruh guru dan siswa berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel pada guru dilakukan menggunakan total sampling berjumlah 30 orang, sedangkan sampel pada siswa dilakukan dengan menggunakan proforsional random sampling. Instrumen penelitian berbentuk kuesioner. Iklim Madrasah (X1) berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru (X2), iklim madrasah berpengaruh terhadap hasil belajar. Pengaruh iklim madrasah terhadap hasil belajar 0,339 atau 33,9%. Kinerja guru berpengaruh terhadap hasil belajar, thitung (3,556) > ttabel (2,052) atau signifikansi (0,001) < 0,05. Pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar 0,521 atau 52,1%. Iklim madrasah dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar, iklim madrasah dan kinerja guru terhadap hasil belajar sebesar 42,7%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.