PEER ASESMEN MAHASISWA JURUSAN NON EKSAKTA PADA PEMBELAJARAN IAD MELALUI INTEGRATED APPROACH DENGAN PRESENTASI

Authors

  • Anilia Ratnasari Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.57

Keywords:

Peer Asesmen, Integrated Approach, Presentasi

Abstract

Penelitian ini tentang peer asesmen mahasiswa jurusan non eksakta sebagai penilaian hasil belajar ilmu kealaman dasar (IAD) melalui integrateg approach dengan presentasi.Menggunakan metode penelitian eksperimen tidak murni atau quasi eksperiman, dengandesain penelitian yang digunakan adalah one shot case study yaitu dengan menggunakan sampel dengan satu kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan di jurusan manajemen (non eksakta) FE Universitas Wiralodra pada mahasiswa yang mengotrak mata kuliah IAD semester genap 2014/2015, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 36 orang. Peer asesmen, integrated approach dengan presentasi di terapkan dalam perkuliahan ilmu kealaman dasar (IAD). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar peer asesmen yang diberikan pada kelompok penilai untuk menilai setiap kelompok mahasiswa yang melakukan presentasi dipadukan melalui integrated approach sebagai strategi dalam penyampaian materi ilmu kealaman dasar (IAD).Kelompok 1 mendapatkan rata-rata nilai peer asesmen paling tinggi yaitu sebesar 83, dan kelompok kelompok 5 mendapatkan rata-rata nilai peer asesmen paling rendah yaitu sebesar 68. Aspek ke-1 dan ke-4 mendapatkan rata-rata nilai peer asesmen yang sama dan paling tinggi yaitu sebesar 78. Aspek ke-2, mendapatkan rata-rata nilai peer asesmen paling rendah yaitu sebesar 70.

Keyword: , , .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Ratnasari , A. (2018). PEER ASESMEN MAHASISWA JURUSAN NON EKSAKTA PADA PEMBELAJARAN IAD MELALUI INTEGRATED APPROACH DENGAN PRESENTASI. Gema Wiralodra, 9(1), 28–35. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.57