HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DENGAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN DEPOK KABUPATEN CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.59Keywords:
Layanan Bimbingan Pribadi, Kreativitas Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan mengenai perilaku kedisiplian siswa yang di hubungkan dengan layanan bimbingan pribadi.Pola kedisiplinan dapat dilatih dengan menekankan pada pikiran dan watak untuk menghasilkan kendali diri, kebiasaan untuk patuh dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini ialah pertama untuk memperoleh data mengenaiPelaksanaan layanan bimbingan pribadi di kelas VII SMPN Depok Kabupaten Cirebon. Untuk mengetahui gambaran umum tentang kreativitas belajarsiswa kelas VII SMPN 2 Depok Kabupaten Cirebon, serta untuk mengetahui seberapa besar hubungan layanan bimbingan pribadi dengan pengembangan kreativitas belajar siswa SMPN 2 Depok Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan sampling jenuh. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah 42 orang siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis dalam penelitian ini bahwa hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa korelasi antara variabel X dengan variabel Y terdapat hubungan yang signifikan, karena perolehan “r” hitung atau “t” hitung lebih besar dari pada “r” tabel atau “t” tabel. Berdasarkan penafsiran besarnya koefisien korelasi menurut Suharsimi Arikunto, ternyata hubungan antara variabel X dengan variabel Y hasil perhitungan di atas berada pada rentang 0,40 – 0,70 dengan penafsiran korelasi yang sedang. Ini artinya terdapat yang signifikan hubungan antara layanan bimbingan pribadi dengan pengembangan kreativitas siswa kelas VII SMPN 2 Depok Kabupaten Cirebon.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.