PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI LIMIT FUNGSI
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.61Keywords:
Media Pembelajaran, Ular Tangga Matematika, Keaktifan, Hasil Belajar Limit FungsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pengunaan media ular tangga matematika untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sindang Indramayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI – 3 MIPA yang berjumlah 34 siswa. Hasil pengolahan data hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap, pada siklus I sebanyak 21 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 80,00 dan keaktifan siswa yaitu sebesar 50%, siklus sebanyak 23 siswa sudah mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 80,53, dan keaktifan siswa dalam belajar terjadi peningkatan yaitu 84,8% dan siklus III sebanyak 26 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 83,20 dan keaktifan siswa yaitu sebesar 88,24%. Hasil uji efektivitas yang diperoleh pada siklus I to < t(0,05, 33) tidak efektif sedangkan pada siklus II dan siklus III to > t(0,05, 33) efektif.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.