Analisis Hambatan Siswa dalam Mengerjakan Soal Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Himpunan
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i2.78Keywords:
Kemampuan Pemahaman Matematis, HimpunanAbstract
Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam memahami pelajaran sehingga memudahkan siswa untuk dapat mengerjakan latihan soal yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis learning obstacle siswa dalam mengerjakan soal kemampuan pemahaman matematis pada materi himpunan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII disalah satu SMP Kabupaten Cirebon berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian ini adalah soal tes uraian berdasarkan indikator kemampuan pemahaman matematis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa learning obstacle yang dialami siswa dalam mengerjakan soal yaitu Siswa belum dapat memahami tanda ketidaksamaan sehingga siswa tidak dapat mengggambar diagram venn, siswa belum dapat memahami cara menggambar diagram venn dalam soal cerita yang disajikan, siswa belum memahami bagaimana proses dalam menentukan jumlah anggota himpunan dari soal cerita permasalahan sehari-hari, dan siswa belum dapat memahami cara membedakan kumpulan yang termasuk himpunan dan kumpulan yang bukan himpunan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.