EFISIENSI PEMASARAN IKAN KAKAP MERAH (Lutjanus argentimaculatus) DI WILAYAH KERJA TPI KARANGSONG, KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v10i2.85Keywords:
efisiensi pemasaran, ikan kakap, TPI karangsongAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi pemasaran Ikan Kakap Merah (Lutjanus argentimaculatus) melalui saluran pemasaran dan fungsi-fungsi yang dilakukan oleh pelaku lembaga pemasaran Ikan Kakap Merah di wilayah kerja TPI Karangsong. Metode yang digunakan survey dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan sampel sebagai responden dilakukan secara simple random sampling (SRS), terdiri atas 23 orang nelayan. Responden lembaga pemasaran berjumlah 5 pedagang besar dan 11 pedagang pengecer yang diperoleh dari cara snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran Ikan Kakap di wilayah kerja TPI Karangsong Kabupaten Indramayu dan dinyatakan semua saluran efisien dengan urutan nilai efisiensi pemasaran (Ep) adalah 6,05%, 5,25%, 5,87%, dan 5,05%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.