BAGAIMANAKAH PROSES BELAJAR ANAK TUNARUNGU DAN ANAK AUTISME?: STUDI KASUS DI SALAH SATU SLB DI INDRAMAYU

Authors

  • Tating Nuraeni Universitas Wiralodra
  • Mardiah Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.115

Keywords:

Proses Belajar, SLB, Tunarungu, Autis

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses belajar yang tepat pada anak berkebutuhan khusus, khususnya anak tunarungu dan autis. Penelitian ini dilakukan di di salah satu SLB yang adi di Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni pengamatan (observation), pengamatan terlibat (participant observation), dan wawancara secara mendalam (indepth interview). Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data yang diadopsi oleh Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian ini, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan proses belajar antara anak tunarungu dan autis. Pada anak tunarungu, metode yang tepat biasanya menggunakan gambar atau objek agar mereka dapat mudah memahaminya. Akan tetapi, pada anak autis biasanya pembelajaran bukan ditekankan pada suatu materi tertentu akan tetapi lebih pada agar mereka dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-06

How to Cite

Nuraeni, T., & Mardiah, L. N. . (2020). BAGAIMANAKAH PROSES BELAJAR ANAK TUNARUNGU DAN ANAK AUTISME?: STUDI KASUS DI SALAH SATU SLB DI INDRAMAYU. Gema Wiralodra, 11(1), 133–142. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.115

Most read articles by the same author(s)