Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Computer Vision Syndrome (CVS) pada pegawai PT. Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.368Keywords:
Computer vision syndrome, Jenis kelamin, Durasi penggunaan komputerAbstract
Menurut WHO pada tahun 2018 sebanyak 285 juta orang atau 4,24% dari total populasi di dunia mengalami gangguan penglihatan berupa low vision ketajaman penglihatan yang rendah dan kebutaan dengan distribusi sebesar 246 juta orang atau 65% dari populasi tersebut mengalami low vision, sedangkan di Indonesia diperkirakan sejumlah 3 juta orang mengalami gangguan penglihatan. Tujuan penelitian yaitu faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian computer vision syndrome (CVS) pada pegawai PT. Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi cross-sectional. Populasi target pada penelitian ini adalah 45 pegawai pengguna komputer di PT. Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Analisis data menggunakan uji statistik chi-square dan uji Fisher’s Exact. Hasil penelitian diperoleh jenis kelamin (p=0,000), durasi penggunaan komputer (p-=0,000), penggunaan kacamata (p=0,005) terdapat hubungan dengan kejadian computer vision syndrome (CVS) dan jarak penglihatan pandang mata terhadap komputer (p=0,221) tidak terdapat hubungan dengan kejadian CVS pada pegawai PT. Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan Tahun 2022. Bagi perusahan sebaiknya membuat poster/stiker bergambar yang perlu dilakukan sesuai SOP dalam menggunakan komputer seperti posisi duduk yang baik, serta jarak pandang, dan sebagainya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sutangi Sutangi, Kiki Rizki Amelia, Tating Nuraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.