Analisis Standar Penilaian Pada Pendidikan Menengah Atas: Studi Literatur Review

Authors

  • Yayu Nurhayati Rahayu Universitas Islam Nusantara
  • Rosyadi Rosyadi Universitas Wiralodra
  • Ujang Cepi Barlian Universitas Islam Nusantara
  • Sofyan Sauri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i1.151

Keywords:

Analisis, standar penilaian, Pendidikan Menengah Atas

Abstract

ABSTRAK

Sistem penilaian pendidikan standar sebagai kriteria maksismal untuk menjadi parameter penilai pendidikan nasional ini. Untuk menilai keberhasilan system pendidikan, standar itu dilakukan evaluasi dengan melakukan Ujian Nasional. Peraturan nasional berdasarkan arahan dari menteri kebudayaan pendidikan terkait penghapusan Ujian Nasional banyak menimbulkan pra kontra khususnya di kalangan pendidik. Penelitian ini memandang Ujian Nasional sebagai standar penilaian sangat penting dalam mendeteksi sampai mana keberhasilan pembelajaran siswa saat ini agar pemerintah mengetahui dan dapat memberikan pembelajaran yang sesuai kemampuan siswa tersebut sehingga siswa, guru, dan intansi terkait dapat melakukan evaluasi pembelajaran.Tujuan penelitian untuk mengetahui konsep penilaian pada pendidikan menengah atas, standar penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan pada pendidikan menengah atas, dan mengetahui standar penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada pendidikan menengah atas. Metode yang dilakukan menggunakan metode kajian literatur dengan menggali informasi dari sumber tertulis berupa buku, jurnal, dan artikel. Hasil penelitian ini yaitu standar penilaian harus tetap diberlakukan karena dapat memberikan jawaban terkait pendekatan ilmiah dalam pembelajaran kurikulum 2013 dengan menetapkannya standar proses, memperbaiki penilaian dalam kurikulum terdahulu yang lebih memfokuskan di penilaian aspek pengetahuan dan mengarahkan pada penilaian yang komprehensif antara aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, berubahnya strategi pembelajaran dari yang berpusat kepada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik menuntut perlu pengembangan teknik penilaian hasil belajar yaitu dengan penilaian otentik, dan perbaikan orientasi penilaian pada hasil belajar kepada proses belajar dan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-21

How to Cite

Nurhayati Rahayu, Y., Rosyadi, R., Cepi Barlian, U., & Sauri, S. (2021). Analisis Standar Penilaian Pada Pendidikan Menengah Atas: Studi Literatur Review. Gema Wiralodra, 12(1), 17–33. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i1.151