Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan LKPD Liveworksheet Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 226 Patande Kabupaten Luwu Timur
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v13i1.284Keywords:
Model value clarification technique, LKPD Liveworksheet, Sikap SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 226 Patande. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang memiliki kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas V.a dan V.b. dan sampel yaitu kelas V.a sebanyak 35 orang dan V.b sebanyak 35 orang yang berjumlah 70 murid. Tekhnik analisis data menggunakan Uji Manova dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan pada sikap sosial untuk kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata sebesar 85.00 dan minat belajar untuk kelas kontrol yaitu dengan rata-rata 80.00. Sedangkan perhitungan hasil belajar Pre-test untuk kelas eksperimen yaitu dengan rata-rata sebesar 56.71 dan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesar 85,31. Perhitungan pada hasil belajar Pre-test untuk kelas kontrol yaitu dengan hasil rata-rata sebesar 55.17 dan hasil belajar Post-test yaitu hasil yang dicapai rata-rata sebesar 76,40. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model value clarification technique (VCT) berbantuan LKPD liveworksheet berpengaruh terhadap sikap sosial dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 226 Patande.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gema Wiralodra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.