Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SD dalam Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Puzzle

Authors

  • Mudrika Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rosleny Babo Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Idawati Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.285

Keywords:

Think Talk Write Model, Media Puzzle, Discovery Learning, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS dalam penggunaan model pembelajaran think talk write berbantuan media puzzle di kelas IV SDIT Ulul Al Baab Wahdah Islamiyah Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah kuantatif dengan quasi eksperimen. Design yang digunakan adalah non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah  pengumpulan data yang digunakan adalah pengambilan hasil tes belajar siswa, nilai perolehan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,54 pada kelas eksperimen dan pada kelas control 78,96. Sedangkan perolehan nilai motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen 60,71 sedangkan pada kelas kontrol 56,05. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Mudrika, M., Babo, R. ., & Idawati, I. (2022). Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SD dalam Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Puzzle . Gema Wiralodra, 13(2), 429–438. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.285