Pengaruh model mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v14i1.441Keywords:
Model Mind Mapping, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Desain ini maksudnya terdapat dua kelompok yang akan diteliti yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik porposive sampling dengan hasil sampel yaitu kelas IV dari SDN 103 Kalimporo sebagai kelas kontrol dan SDN 114 Malleleng sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskrptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji mann-whitney. Hasil Hasil observasi aktivitas siswa memiliki perbedaan persentase antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu rata-rata persentase kelas kontrol sebesar 72,69% lebih kecil dari persentase kelas eksperimen 80,17%. Hasil uji mann-whitney menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan yang dibuktikan dari hasil output Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan 0,05. Dari hasil aktivitas siswa dan hasil uji mann-whitney dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Wilayah 3 Kajang Kabupaten Bulukumba.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Akmal Aspi, Rosleny Babo, Tarman A. Arief
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.