Implementasi Metode Sosiodrama dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Sikap Toleransi dan Pemahaman Materi Kelas IV Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Khairiyah AH Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rosleny Babo Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhajir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.290

Keywords:

Metode Sosiodrama, Sikap Toleransi, Pemahaman Materi Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap toleransi dan pemahaman materi hasil belajar siswa kelas IV terhadap pengaruh metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Borongkaluku sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDI Bontomanai sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengambilan hasil tes pemahaman materi belajar siswa, nilai perolehan rata-rata pemahaman materi hasil belajar siswa sebesar 83,85. Sedangkan nilai perolehan rata-rata sikap toleransi siswa sebesar 79,60. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa membuktikan bahwa pengujian data sikap toleransi dan pemahaman materi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control. Pada uji hipotesis ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan metode sosiodrama terhadap sikap toleransi dan pemahaman materi belajar siswa Kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan agar Metode Sosiodrama dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman materi hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Khairiyah AH, N., Babo, R. ., & Muhajir, M. (2022). Implementasi Metode Sosiodrama dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Sikap Toleransi dan Pemahaman Materi Kelas IV Siswa Sekolah Dasar. Gema Wiralodra, 13(2), 495–504. https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.290