Implementasi Metode Sosiodrama dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Sikap Toleransi dan Pemahaman Materi Kelas IV Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31943/gw.v13i2.290Keywords:
Metode Sosiodrama, Sikap Toleransi, Pemahaman Materi Hasil Belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap toleransi dan pemahaman materi hasil belajar siswa kelas IV terhadap pengaruh metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Borongkaluku sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDI Bontomanai sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengambilan hasil tes pemahaman materi belajar siswa, nilai perolehan rata-rata pemahaman materi hasil belajar siswa sebesar 83,85. Sedangkan nilai perolehan rata-rata sikap toleransi siswa sebesar 79,60. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa membuktikan bahwa pengujian data sikap toleransi dan pemahaman materi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control. Pada uji hipotesis ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima maka terdapat pengaruh yang signifikan metode sosiodrama terhadap sikap toleransi dan pemahaman materi belajar siswa Kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini diharapkan agar Metode Sosiodrama dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan sikap toleransi dan pemahaman materi hasil belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Gema Wiralodra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.