PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Eka Vasia Anggis Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v8i1.49

Keywords:

Model Jigsaw LS, Motivasi Mahasiswa

Abstract

Berdasarkan observasi pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Kelas B
2013 di UM, didapatkan kondisi pembelajaran yang baik. Namun, 65% mahasiwa
tidak memiliki tanggung jawab akan tugas, 75% kurangnya perhatian tugas
antarkelompok. 45% mahasiswa kurang fokus dalam menerima pembelajaran, 80%
posisi duduk belum mencerminkan adanya interaksi antarkelompok. 48% terdapat
beberapa mahaiswa yang mengantuk. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
meningkatkan motivasi belajar melalui jigsaw berbasis LS. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study (PTK_LS). Pendekatan penelitian
deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian PTK_LS sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian
adalah mahasiswa biologi UM Kelas B. Instrumen penelitian meliputi lembar
instrumen penilaian keterlaksanaan LS, intrumen penilaian lembar observasi motivasi
belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan jigsaw_LS sebesar 100%.
Penerapan model Jigsaw_LS dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 8,0% dari
siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan Jigsaw_LS dapat
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-20

How to Cite

Vasia Anggis, E. (2017). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Gema Wiralodra, 8(1), 83–88. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v8i1.49