PENERAPAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v8i1.49Keywords:
Model Jigsaw LS, Motivasi MahasiswaAbstract
Berdasarkan observasi pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Kelas B
2013 di UM, didapatkan kondisi pembelajaran yang baik. Namun, 65% mahasiwa
tidak memiliki tanggung jawab akan tugas, 75% kurangnya perhatian tugas
antarkelompok. 45% mahasiswa kurang fokus dalam menerima pembelajaran, 80%
posisi duduk belum mencerminkan adanya interaksi antarkelompok. 48% terdapat
beberapa mahaiswa yang mengantuk. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk
meningkatkan motivasi belajar melalui jigsaw berbasis LS. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study (PTK_LS). Pendekatan penelitian
deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian PTK_LS sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian
adalah mahasiswa biologi UM Kelas B. Instrumen penelitian meliputi lembar
instrumen penilaian keterlaksanaan LS, intrumen penilaian lembar observasi motivasi
belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah keterlaksanaan jigsaw_LS sebesar 100%.
Penerapan model Jigsaw_LS dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 8,0% dari
siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan Jigsaw_LS dapat
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa .
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The use of non-commercial articles will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently approved at http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/. This license allows users to (1) Share (copy and redistribute the material in any medium) or format; (2) Adapt (remix, transform, and build upon the material), for any purpose, even commercially.