MODEL DISCOVERY LEARNING BERMUATAN KARAKTER KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK

Authors

  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.54

Keywords:

Model Discovery Learning, Kemampuan Koneksi Matematika, Karakter Kreatif Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan karakteristik perangkat pembelajaran matematika dengan model Discovery Learning (DL) bermuatan karakter kreatif, mendapatkan validitas perangkat pengembangan perangkat, menganalisis kepraktisan penerapan pembelajaran matematika, menganalisis keefektifan penerapan pembelajaran matematika. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) pengembangan perangkat dengan model Plomp yaitu adalah investigasi awal, perancangan, realisasi/ konstruksi, pengujian, evaluasi, dan revisi; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; Silabus dengan rata-rata 4,22(sangat baik); RPP dengan rata-rata 4,13 (sangat baik); Buku Guru dengan rata-rata 4,08 (sangat baik); Buku Siswa dengan rata-rata 4,08 (sangat baik), LAS dengan rata-rata 4,04 (sangat baik); dan TKKM dengan rata-rata 3,94 (sangat baik).; (3) perangkat pembelajaran dinyatakan praktis, (4) perangkat pembelajaran matematika dinyatakan cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Ismunandar, D. (2018). MODEL DISCOVERY LEARNING BERMUATAN KARAKTER KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK. Gema Wiralodra, 9(1), 9–16. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i1.54