Pembelajaran STAD Pasca Pandemi COVID-19 dan Dampaknya Terhadap Sikap, Keterampilan, dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Denni Ismunandar Universitas Wiralodra
  • Mela Andriani Universitas Wiralodra
  • Sudirman Sudirman Universitas Wiralodra
  • Mochammad Taufan Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v13i2.266

Keywords:

Sikap, Keterampilan, Hasil Belajar, Pasca Pandemi

Abstract

Pada akhir tahun 2021, Covid - 19 telah melandai dan sekolah mulai memberlakukan pembelajaran secara blended learning. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh sikap dan keterampilan siswa terhadap hasil belajar siswa pasca pandemi Covid-19 menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subyek penelitian ini adalah salah satu SMK Negeri di Indramayu kelas XII Jurusan TKJ. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling yang dilakukan oleh guru. Sample pada penelitian ini adalah siswa jurusan TKJ  yang terdiri dari 33 siswa. Pengambilan data dilakukan melalui tes  dan peneliti menggunakan persamaan regresi linier dua prediktor untuk mencari besar pengaruh sikap dan keterampilan terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis regresi adalah  dengan . Artinya sikap dan keterampilan siswa bersama – sama mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 17,2%. Masih ada faktor lain sebesar 82,8% yang mempengaruhi hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Ismunandar, D., Andriani, M. ., Sudirman, S., & Taufan, M. . (2022). Pembelajaran STAD Pasca Pandemi COVID-19 dan Dampaknya Terhadap Sikap, Keterampilan, dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Gema Wiralodra, 13(2), 627–636. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v13i2.266

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>